Jumat, 08 Juni 2012

Harap Tenang, Ada SNMPTN

Sebentar lagi akan diadakan event yang bisa dikatakan penting oleh para pelajar kelas XII SMA, yaitu Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri, atau SNMPTN. Ribuan bahkan jutaan siswa SMA yang memperebutkan bangku perguruan tinggi dengan jalur ini. Dan tidak hanya siswa SMA, bahkan juga para mahasiswa yang sudah kuliah pun juga ikut meramaikan event ini. Mereka rela melepas perguruan tinggi yang sekarang mereka tempati hanya untuk mendapatkan PTN yang lebih baik dari sekarang.

Sebelumnya pernah saya bahas tentang masalah SNMPTN ini di sini. Tahun ini berbeda dengan beberapa tahun yang lalu, dimana SNMPTN hanya dilaksanakan secara tertulis. Sekarang SNMPTN membuka dua jalur, yaitu jalur Undangan dimana sistem penyeleksiannya menggunakan nilai rapor selama lima semester, dan jalur Tulis yang akan diselenggarakan pada tanggal 12 - 13 Juni 2012 mendatang. Untuk jalur Undangan ini hanya dapat diikuti oleh siswa SMA dan penyeleksiannya sangat ketat. Tidak semua siswa dapat mengikuti jalur ini. Hanya siswa yang mendapatkan peringkat konsisten 50% di sekolahnya. Dan itupun belum pasti mereka akan mendapatkan jatah kursi di PTN. Mereka harus bersaing lagi dengan seluruh siswa dari SMA lain yang mendapatkan rekomendasi dari sekolah mereka masing-masing.

Ada yang mengatakan "SNMPTN hanya main hoki", ada pula yang berkata "yang pintar belum tentu yang berjaya". Apapun itu, yang pasti siswa yang lolos SNMPTN tidak hanya siswa yang pintar dalam akademis, tetapi juga harus cerdik dalam memilih PTN beserta jurusan-jurusannya. Berbagai aspek harus diperhatikan, seperti reputasi perguruan tinggi itu, jumlah peminat tahun lalu, dan lain sebagainya.

Fenomena di atas selalu kita temukan di akhir kelulusan SMA. Hal itu menyebabkan beberapa oknum yang mencari kesempatan untuk merusak konsentrasi belajar siswa dengan menjual kunci jawaban soal. Tidak sedikit pelajar yang menggunakan jasa joki ini. Tidak peduli berapa pun uang yang mereka keluarkan, yang penting mereka keterima. Katakanlah mereka menggunakan jasa joki ini. Lalu mereka masuk ke PTN favorit. Tetapi mereka yang menggunakan jasa ini pasti tidak dapat bersaing dengan mereka yang tidak menggunakan jasa ini. Mengapa? Karena tentu saja mereka yang tidak menggunakan jasa joki ini berhasil lolos dengan kerja keras mereka sendiri yang membuktikan kapasitas otak mereka mencukupi untuk masuk ke PTN tersebut.

Event ini memang sangat penting bagi para pejuang PTN-PTN ini. Jadi jangan pernah kotori dengan tindakan curang apapun. Apalagi tahun depan ada wacana bahwa SNMPTN akan dihapuskan. Pasti akan banyak persaingan yang akan terjadi di tahun depan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silahkan tinggalkan pesan setelah bunyi "tuuuuut"