Minggu, 10 Juni 2012

Bukan Akhir, Melainkan Awal

Lulus SMA bukanlah akhir dari perjuanganmu. Tapi justru dengan berakhirnya masa SMA, pintu gerbang menuju dunia yang sebenarnya sudah terbuka. Jika di masa SMA kita bisa bermanja-manja dengan apa yang kita miliki, maka di masa setelah SMA kita akan berjuang sendiri-sendiri dalam mencapai tujuan mereka. Dan memang tidak dapat dipungkiri kalau jiwa individualisme kita akan lebih dominan ketika kita lulus dari bangku sekolah. Jadi jika kita pada masa SMA sering bergantung pada teman, guru, atau siapapun, maka hal itu akan menyulitkan kita untuk berkembang ketika kita akan kuliah ataupun di dunia kerja.

Banyak pilihan yang dapat diambil ketika kita lulus dari SMA. Bisa melanjutkan study di bangku perkuliahan, atau bisa memilih bersaing dalam dunia kerja. Atau bahkan lebih memilih untuk membangun rumah tangga. Tetapi kalau aku sendiri, lebih memilih untuk melanjutkan ke perguruan tinggi. Dan alhamdulillah aku sudah diterima di Politeknik Elektronika Negeri Surabaya atau PENS-ITS dengan jurusan Teknik Informatika. Dan itu sangat berbanding lurus dengan impianku untuk menjadi seorang Web Developer atau Game Developer. Kalau bisa sampai ke Jepang atau ke Amerika untuk mempelajari teknologi-teknologi yang telah mereka terapkan dengan baik di negaranya.
kampus PENS di kawasan ITS

Masa sekolah memang merupakan masa dimana kita membentuk dan mencari jati diri kita. Sedangkan masa setelahnya adalah masa dimana kita dapat mengembangkan jati diri yang telah kita temukan pada masa sekolah. Hanya orang yang memiliki keuletan, ketekunan, serta daya juang tinggi lah yang dapat survive. Seperti teori Darwin tentang survival of the fittest, hanya yang kuat yang mampu bertahan. Dan untuk para lulusan SMA, welcome to the real life

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silahkan tinggalkan pesan setelah bunyi "tuuuuut"